Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengungkap Rahasia Cara Kerja Kapasitor

bagaimana cara kerja kapasitor

Cara Kerja Kapasitor Gue mau jelasin nih cara kerja kapasitor (atau yang gue biasa panggil kondensator).

Penyimpanan Muatan Listrik

Jadi, pokoknya kapasitor ini bisa nyimpen muatan listrik di dua konduktor yang terpisah gitu.

Proses Pemindahan Elektron

Begitu ada tegangan yang diterapin ke kapasitor, elektronnya di konduktor pertama bakal pindah ke konduktor kedua. Akibatnya, konduktor pertama jadi punya muatan positif dan konduktor kedua punya muatan negatif.

Fungsi dan Aplikasi

Fungsinya kapasitor ini buat nyimpen muatan listrik buat jangka waktu tertentu. Nah, biasanya dipake di berbagai aplikasi, kayak di rangkaian elektronika, penyimpanan energi, filter frekuensi, dan macem-macem lagi.

Jenis Kapasitor

Ada banyak jenis kapasitor yang bisa dipilih, ada yang elektrolitik, keramik, tantalum, dan lain-lain.

Simbol Kapasitor

Kalo kita liat di diagram rangkaian, simbol kapasitor itu biasanya gambar dua garis sejajar yang jadi pelat kapasitor, terus ada garis pendek yang nyambungin ke setiap pelat buat nunjukin koneksi sama sumber tegangan.

Prinsip Kerja

Pokoknya, cara kerjanya kapasitor itu jadi kayak ada aliran elektron di rangkaian gitu deh.

Reaksi Kimia dan Aliran Elektron

Sama kayak di baterai gitu, kan di baterai ada reaksi kimia yang bikin ada aliran elektron dari satu kutub ke kutub lain, sama kaya yang terjadi di kapasitor.

Kesimpulan

Jadi, intinya cara kerja kapasitor itu adalah dengan nyimpen muatan listrik di dua konduktor terpisah kalo ada tegangan yang diaplikasiin ke kapasitor. Kapasitor ini punya banyak fungsi di rangkaian elektronika dan bisa dipake di berbagai aplikasi. Nah, jenis kapasitor yang dipake tergantung sama kebutuhan khusus dari aplikasinya. bagaimana cara kerja kapasitor

Posting Komentar untuk "Mengungkap Rahasia Cara Kerja Kapasitor"